Jumat, 02 Oktober 2009

Lowongan CPNS Jateng 2009

Lowongan CPNS Jateng 2009

Pengumuman Lowongan Kerja CPNS 2009 : Jateng 19.409 kursi tapi Tenaga honorer diprioritaskan


Jumlah kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Provinsi Jateng tahun 2009 mengalami penambahan sebanyak 8.016 kursi, dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, Jateng memperoleh kuota 19.409 kursi.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Hadi Prabowo, tahun 2008 lalu hanya memperoleh kuota sebanyak 11.339 kursi. ”Untuk perincian formasi yang dibutuhkan serta waktu seleksi CPNS masih menunggu dari pemerintah pusat,” kata Hadi kepada wartawan di Semarang, Rabu (30/9).

Sekda menambahkan pihaknya masih menunggu arahan dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menneg PAN) untuk penempatan formasi CPNS sebanyak itu. ”Nanti setelah ada kepastian dari Meneg PAN, akan kami umumkan formasi CPNS yang dibutuhkan serta waktu pendaftaran,” ujarnya.
Hanya saja, sambung Hadi, kuota 19.409 CPNS nantinya tersebar untuk formasi di tingkat Pemprov Jateng, pemerintah kabupaten (Pemkab) dan pemerintah kota (Pemkot) serta menyelesaikan sisa tenaga honorer yang belum diangkat. ”Tenaga honorer di Jateng yang belum diangkat jumlahnya masih banyak. Ini harus segera dituntaskan,” jelasnya tanpa menyebutkan angka jumlah tenaga honorer.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Tasdik Kinanto menyatakan pada tahun 2009 akan melakukan penerimaan CPNS sebanyak 325.000 kursi. Formasi sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan CPNS tingkat pusat sebanyak 50.000 formasi dan sisanya 275.000 formasi sisanya untuk daerah provinsi dan kabupaten/kota. Menurut Tasdik proses seleksi penerimaan CPNS akan dimulai pada bulan Oktober 2009.

Belum jelas
Pada bagian lain, dari Purworejo dilaporkan, hingga kini proses seleksi CPNS 2009 belum jelas. Pemkab belum memasang pengumuman resmi. Kendati belum bisa dipastikan, sempat beredar kabar seleksi tahun ini ditiadakan menyusul keterbatasan Dana Alokasi Umum dalam APBD.
Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak Pemkab terkait kabar tersebut. Sekretaris Daerah Pemkab Purworejo Akhmad Fauzi saat diminta konfirmasinya hanya mengatakan, pihaknya masih menunggu.
”Just wait and see saja,” tukasnya singkat kepada Harian Jogja Rabu. Sayangnya, ia menolak berkomentar banyak soal tindak lanjut rencana seleksi CPNS Purworejo. Tahun ini, Kabupaten Purworejo mendapat kuota sebanyak 447 kursi. – oto/Harian Jogja/JIBI/sun—espos

Tidak ada komentar: